Jalan-jalan, Kuliner

Nasi Punel Bangil

Beberapa waktu lalu, saya pulang ke Probolinggo selepas acara nikahan saudara di Demak. Kepulangan saya ini juga berbarengan dengan acara dinas kantor yang kebetulan lokasinya ada di Surabaya pada keesokan harinya.

Dalam perjalanan Probolinggo – Surabaya ini saya mampir ke sebuah warung, tidak sebesar ukuran rumah makan, tapi selalu ramai, untuk membeli nasi punel di daerah Bangil – Pasuruan. Ini bukan pertama kalinya saya membeli makanan ini. Tapi, ini merupakan kali pertama saya menuliskannya. Saya beli untuk dibungkus kali ini.

Ya, nasi punel Bangil. Nasi yang punel, disajikan dengan srundeng dan irisan kacang panjang  dengan berbagai macam pilihan lauk yang dapat dipilih.  Enyaaakkk,, Rasanya cenderung manis dan gurih.

nasi punel

Saya memakan nasi punelnya ketika sampai di hotel. Bungkusan yang saya beli ini terdiri dari : nasi punel dengan taburan srundeng, sate kerang, daging, kuah krecek lodeh, dan bothok kelapa dan irisan kacang panjang. Jika Anda penyuka pedas, Anda dapat minta sambal. Maknyuuuusss…  Untuk harganya, seporsi yang saya beli itu dapat ditebus dengan Rp 16,000 saja.. Murah bukan?

Jadi, bagi Anda yang melakukan perjalanan ke daerah Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Bangil-Pasuruan, dan nikmati kekhasan nasi punel di sana. 🙂

Leave a Reply

