Belajar Yuk!, Diploma

Cara membuat blog (bagian 1)

Bismillaahirrohmaannirrohiiim

Setelah sekian lama tidak menulis, ini pertama kalinya saya kembali menulis. Bahkan, semenjak mbak femiadi ada dalam daftar manifes korban sukhoi pun, sebenarnya banyak sekali yang ingin saya tulis. Kenapa nama femiadi muncul di sini? Dan siapakah dia? Mungkin nanti akan saya ceritakan kisah kami dahulu. :’)

Beberapa hari yang lalu, ada mahasiswa saya bertanya, (mahasiswa? ya, kini saya seorang dosen. Meninggalkan profesi saya sebagai programmer di salah satu koran nasional, tapi jangan khawatir, saya tetaplah seorang programmer) :). “Bu, bagaimana caranya membuat blog?” kira-kira begitu pertanyaan dari mahasiswa saya.

Di pertemuan praktikum selanjutnya, saya juga sempat praktik cara membuat blog. Tapi mungkin alangkah baiknya saya menuliskannya di sini. Siapa tahu yang lain juga membutuhkannya.

Sebenarnya, banyak sekali yang menawarkan fasilitas untuk blog ini. Tapi saya ambil wordpress sebagai contoh ya.
Baik, mari kita mulai belajar πŸ™‚

1. Buka alamat http://wordpress.com/ di address web browser kamu.

wordpress.com

2. Klik Sign Up di bagian atas.

3. Isi isian field yang diminta.

4. Setelah diisi, lalu klik button Create Blog di bagian bawah isian field tadi. Ambil yang free saja. Bisa dilihat capture di bawah ini :

5. Lalu, akan muncul halaman seperti di bawah ini :

Ini artinya, aktivasi pembuatan blog telah dikirimkan ke email kamu yang sudah dimasukkan di tahapan sebelumnya.

Lalu, buat apa halaman di tahapan ini? Perlu diisikah?

Field isian di tahapan ini diisi jika aktivasi dari wordpress tidak masuk ke email kamu, jika sudah ada email aktivasi dari wordpress bagaimana? Ya, isian ini tidak perlu dihiraukan πŸ™‚ Dibiarkan saja.

Oke, jadi langkah selanjutnya?

6. Buka email kamu πŸ™‚ Karena saya tadi pakai yahoo.com maka saya login di yahoo

7. Buka email dari wordpress tersebut, lalu klik button Aktivasi Blog.
Maka akan muncul halaman seperti capture di bawah ini :

Halaman ini untuk memilih themes blog kamu. Pilih saja yang free, yang tidak ada logo $ (dolar) nya. πŸ™‚

8. Klik salah satu themes yang free, dengan cara klik gambar themes-nya.

9. Setelah themes-nya dipilih, tampilan selanjutnya seperti di bawah ini, lalu klik button Choose This Theme.

10. Selesai? Yup! Sudah selesai pembuatan blog nya. πŸ™‚

Kini, kamu sudah punya blog.

Tapi, belum ada postingannya ya..

Sebenarnya ada sih, default dari wordpress dengan judul Hello Word! πŸ™‚

Oke, buat blog nya sudah selesai.

Selanjutnya kita akan belajar memasukkan postingan.

Dilanjutkan besok lagi ya, saya mau pulang dulu. Sudah sore.

Leave a Reply

