Psychology

Sukses Psikotes #1

Melamar kerja di mana pun, pasti melewati tes yang satu ini. Mau sukses? Baca tip dan triknya, termasuk dari HRD beberapa perusahaan.

 

Rahasia di Balik Psikotes

Psikotes dianggap sekumpulan persoalan yang sulit. Banyak pelamar gagal menghadapinya. Namun, bukan berarti tak bisa ditaklukkan. Ini rahasianya.

 

Ukur Potensi

Tujuan psikotes adalah mengukur seberapa jauh kemampuan psikologi seseorang, yang menyangkut potensi diri, kemampuan khusus, bakat, minat dan kondisi kejiwaan. Pengukuran disesuaikan dengan standar instansi yang melakukan tes itu. Gagal dalam psikotes bukan berarti seseorang tidak lulus atau dianggap tidak cukup pintar, melainkan kriterianya saja yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

 

Mengapa sulit?
1.  Sarjana yang lulus 3,5 tahun dengan IPK 3 belum tentu bisa lolos tes ini. Karena psikotes bukan hanya menantang kepandaian secara akademis (ilmu yang didapat dari bangku sekolah dari SD sampai pendidikan terakhir), juga menggali profil kepribadian seperti : pengendalian emosi, minat, bakat, tipe kepribadian, hasrat, antusiasme, ketekunan, kerja keras dan sebagainya.

2. Bila tidak jujur menjawab satu pertanyaan, akan ketahuan pada jawaban berikutnya. Jadi kejujuran sangat membantu.

3. Membutuhkan jawaban konsisten. Pertanyaan bisa diputar balik, tapi sekali menjawab A, harus terus menjawab A. Dan ini akan terjadi bila dijawab dengan jujur.

4. Pertanyaannya banyak dan beragam. Ada hitungan, memecahkan kasus, potongan gambar, menggambar, sementara waktu sangat terbatas bahkan dilakukan dalam satu hari. Karenanya membutuhkan stamina tubuh yang prima dan konsentrasi tinggi.

5. Ada sebagian orang yang mampu mengerjakan psikotes saat pertama kali menghadapinya. Namun, ada yang membutuhkan latihan berulang-ulang klai. Jadi, jangan sungkan untuk berlatih soal-soal psikotes. Banyak buku yang berisi soal latihan seperti ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s